LOADING

Type to search

News

Tips Kejar Mimpi Membeli Rumah

suryachristian January 14, 2019
Share

Serpongku.com – Info Serpong – Tips Kejar Mimpi Membeli Rumah – Rumah menjadi keperluan pokok yang mesti dipenuhi untuk siapa saja. Sayangnya, harga jual tempat tinggal yang tinggi membuat anda ragu untuk segera menyimpan uang untuk melakukan pembelian rumah. Padahal melakukan pembelian rumah tidak mesti dilaksanakan setelah anda berusia 40 tahun atau bahkan ketika anda sudah menikah. Jika anda mempunyai perencanaan finansial yang baik, kamu dapat mulai memikirkan dan Kejar Mimpi untuk melakukan pembelian rumah dengan KPR.

Kejar Mimpimu Dengan Tips Membeli Rumah

tips membeli rumah

Pastikan Memiliki Daftar Keuangan yang Baik

Hal utama yang penting untuk diperhatikan ketika anda berniat untuk melakukan pembelian rumah dengan KPR ialah perihal daftar keuangan di bank. Umumnya, dalam pengusulan KPR bank bakal meminta anda untuk memperlihatkan rekening koran sekitar 3 bulan terakhir di samping slip gaji. Oleh karena itu, usahakan supaya kamu mempunyai pemasukan yang tetap serta pengeluaran yang teratur. Apabila mempunyai kredit, pastikan menunaikan tagihan tepat waktu supaya meninggalkan rekam jejak yang baik.

Perhitungkan Besaran Plafon Kredit

Setelah itu, perhitungkan besaran plafon kredit yang dapat kamu dapatkan. Karena itu, ketahui berapa uang yang dibutuhkan guna memudahkan anda menemukan bank yang dapat memberi besaran plafon kredit sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan pula berapa besaran limit pinjaman yang dapat diserahkan dengan informasi finansial yang anda berikan sebelumnya.

Pertimbangkan Suku Bunga

Beberapa KPR seringkali akan menawarkan suku bunga yang lumayan rendah. Tapi, tidak boleh langsung tergoda untuk memilih pembayaran melewati pilihan suku bunga tersebut. Pasalnya ada sejumlah cara perhitungan suku bunga yang dapat ditetapkan oleh bank dalam KPR, seperti flat, annuity, dan effective. Cari tahu simulasi angsuran bulanan yang perlu anda bayarkan dengan setiap sistem suku bunga tersebut. Sebaiknya memilih suku bunga efektif guna meringankan beban kreditmu di masa mendatang.

Sesuaikan Masa Tenor Kredit

Masa tenor Kredit Pemilikan Rumah (KPR) lazimnya berada pada rentan 5 – 20 tahun. Namun, masa tenor kredit tersebut pun bergantung dari situasi finansialmu serta suku bunga pembayaran KPR yang anda pilih. Apabila anda berencana memperpanjang masa tenor kredit, maka besaran angsuran yang mesti dibayarkan masing-masing bulannya pun bakal berkurang. Namun, andai tidak ingin terbebani hutang dalam jangka panjang maka kamu dapat memilih tenor kredit sekitar 5 – 8 tahun.

Hindari Membayar DP Sebelum KPR Disetujui

Down payment atau duit muka seringkali akan diminta oleh pihak developer ketika anda akan melakukan pembelian rumah secara KPR. Namun, pastikan tuk tidak membayar DP sebelum KPR diamini oleh pihak bank. Pasalnya bilamana KPR ditolak maka uang muka atau DP yang anda bayarkan susah atau bahkan tidak dikembalikan oleh pihak pengembang. Hal ini malah akan merugikan kamu, bukan?

Persiapkan Dana Lebih untuk Biaya Tambahan

Terakhir, persiapkan dana lebih guna biaya-biaya tambahan selama proses pembelian tempat tinggal secara KPR. Mulai dari biaya notaris, pajak, dan lain sebagainya yang tampak sepele tetapi ternyata memerlukan dana lumayan besar. Jadi, hitung kembali uang yang kamu miliki supaya proses pengurusan pembelian tempat tinggal KPR tidak tersendat di tengah jalan.

 

Tidak terdapat patokan umur tertentu untuk melakukan pembelian rumah. Segera lakukan pembelian rumah bilamana sudah memiliki cukup dana, sehingga anda tidak semakin berat menjangkau harga tempat tinggal yang seringkali mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *