LOADING

Type to search

News

Rute MRT Akan Diperpanjang Hingga BSD

suryachristian September 20, 2018
Share

Serpongku.com – Info Serpong dan Sekitarnya – Pemerintah berencana untuk memperpanjang rute Mass Rapid Transit (MRT) dari Lebak Bulus ke Pamulang atau Bumi Serpong Damai (BSD). Namun urusan itu tergantung pada terdapat tidaknya investor yang mau untuk mendanai proyek tersebut.

MRT BSD

Ilustrasi: (Foto: Antara)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rute MRT hingga Lebak Bulus memang bakal dilanjutkan. Kementerian Perhubungan mempunyai dua pilihan yaitu menuju Pamulang atau BSD.

“Yang pasti MRT hingga Lebak bulus tersebut pasti diteruskan, namun kita bakal memilih ke mana, ke Pamulang atau BSD. Kalau musti jujur ke BSD terus ke selatan lebih prospektif,” ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Namun yang sangat penting dari rencana ini, lanjut dia, adanya investor yang berminat mendanai pembangunan proyek tersebut. Sebab, uang yang dimiliki oleh pemerintah terbatas sampai-sampai perlu adanya peran swasta dalam pembangunan mode transportasi massal ini.

“Dan yang penting siapa yang berminat mendanai. Jadi bagaimana swasta itu keluar uang untuk bangun MRT tersebut. Saya seringkali bilang, angkutan masal sebuah keharusan, namun dana pemerintah ini bukannya banyak. Makin banyak swasta masuk dalam investasi ini lebih bagus,” kata dia.

Peran Investor

Berdasarkan keterangan dari Budi, di antara investor yang sebetulnya mempunyai potensi dalam pembangunan rute ini yaitu developer di BSD. Sebab, eksistensi MRT bakal mendorong pengembangan wilayah itu menjadi lebih maju‎.

“Apa yang dilaksanakan oleh sejumlah pengembang bagus, tinggal mengkaji bagaimana pendanaannya. Tidak seluruhnya diminta kepada pemerintah untul membayar, kita melihat juga peran swasta untuk melakukan. Katakan BSD dia dapat poin yang luar biasa begitu MRT msuk ke sana,” tandas dia.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *