LOADING

Type to search

News

Pemkot Tangsel Akan Revitalisasi Pasar Ciputat

SerpongMania October 26, 2018
Share

Serpongku.com – Info Serpong – Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menghadiri acara Konsultasi Publik Proyek Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Dalam Penyediaan Infrastruktur Pembangunan Pasar Ciputat, di Intermark BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (25/10/2018).

pasar ciputat

Ketika ditanya mengenai Pasar Ciputat Bang Ben sapaan akrabnya mengatakan, “perasaan saya belum punya anak, Pasar Ciputat telah ada. Sekarang saya telah punya cucu tiga, Pasar Ciputat masih begitu bae,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie, mengucapkan kesannya soal situasi Pasar Ciputat.

Ben pun mengatakan situasi bangunan pasar yang terletak di Jalan Aria Putra tersebut sudah tidak layak.
Bangunan tahun 1996 tersebut tak terrawat dan tak lagi dipakai secara maksimal oleh semua pedagang maupun pengunjungnya. ”Seperti anda tahu Pasar Ciputat berada di Kelurahan Ciputat semenjak tahun 1996. Saat ini situasi bangunan pasar sudah tidak cukup layak,” ujarnya.

Kondisi gedung yang disebutkannya tidak cukup layak tersebut juga membuat para pedagangnya memilih menjalankan lapak di jalan yang menyebabkan kemacetan, terlebih di waktu-waktu sibuk di pagi hari. ”Mengakibatkan kemacetan lalu lintas sampai-sampai akses mengarah ke Pasar Ciputat tingkat kemacetan tinggi,” ujarnya.

Atas situasi tersebut, Pemkot Tangsel bakal merevitalisasi Pasar Ciputat, dengan banyak tambahan fasilitas yang menunjang perputaran ekonomi di dalamnya seperti tempat pemotongan hewan, kemudahan parkir, area bermain anak dan peningkatan lapak pedagang.

Dari 774 kios pedagang saat ini, menyusul rencana revitalisasi gedung dengan skema KPBU itu, kios akan meningkat hingga 1.000 lebih kios. “Makanya pantes banget bila kita ingin bagusin lagi,” ujar Ben dengan dialek Betawi yang kental.

Saat ini, revitalisasi pasar sedang terkendala perkara pembebasan lahan, yang beberapa bidangnya adalah aset pemerintah kota dan beberapa lagi masih perlu ulasan lebih lanjut. Pihaknya juga sedang berkomunikasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk menuntaskan permasalahan itu.
“Sebagian kepunyaan pemerintah kota, beberapa lagi memang sedang di konsultasikan dengan pendekatan hukum tentunya. Kami sedang berkirim surat untuk Kementerian Dalam Negeri untuk mohon arahan, gimana sih teknik menyelesaikan lahannya,” ujar Ben.

Upaya penyelesaian tersebut juga melibatkan PT Betania Multisarana sebagai pengelola pasar. Revitalisasi tersebut diharapkan akan rampung pada tahun 2020. ”Diharapkan pembangunan Pasar Ciputat dapat diselesaikan pada 2019 hingga 2020,” harapnya.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *