LOADING

Type to search

News

Bangga! Pembukaan Asian Games 2018 Sangat Spektakuler

SerpongMania August 20, 2018
Share
Opening Asian Games 2018 - Bangga! Pembukaan Asian Games 2018 Sangat Spektakuler

Photo Souce: online24jam.com

Serpongku.com – Info Serpong dan Sekitarnya – Pertunjukan impresif dan spektakuler tersaji pada upacara pembukaan Asian Games 2018 Sabtu (18/8/2018) lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka acara olahraga yang diikuti oleh 45 negara di Asia yang dihadiri Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah dan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Pembukaan Asian Games 2018 yang dipimpin Wishnutama sebagai Creative Director menampilkan panggung terbesar dalam sejarah pembukaan Asian Games yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multi-event.

Dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, panggung tersebut berdiri kokoh saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade dibawah bendera kebanggaan negaranya.

Tedapat tiga konsep yang dipadukan pada pembukaan Asian Games 2018. Water (Air), Earth (Bumi), dan Fire (Api). Ketiga segmen tersebut menggambarkan tentang persatuan Indonesia.

Air memiliki makna kekuatan bahari Indonesia pada era kejayaan Majapahit. Bumi berisi tentang tari tradisi Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sedangkan api menggambarkan semangat yang tersimpan di dalam Tanah Air.

Terasa spesial ketika dalam parade 44 negara yang tampil dikarenakan Republik Korea dan Republik Rakyat Demokratik Korea berada dan bersatu dalam satu bendera yaitu Korea. Tetapi, Korea bersatu ini tidak akan mengikuti seluruh cabang olahraga (cabor). Mereka hanya berpartisipasi di tiga cabor dan enam nomor, yakni kano, dayung, dan basket.

Dalam parade tersebut, setiap negara dipimpin oleh pembawa papan nama negara yang mengenakan busana tema burung Garuda yang dirancang oleh Dynand Fariz, Pendiri Jember Fashion Carnival.

Pembukaan Asian Games 2018 ditonton sekitar 50.000 orang di GBK dan jutaan orang di seluruh dunia ini dimeriahkan oleh 18 artis papan atas Indonesia seperti nominator Grammy Award, Joey Alexander dan artis kelas internasional, Anggun, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon dan Via Vallen.

Pertujukan tersebut semakin megah dengan hadirnya 3.600 penari dan performer dibawah arahan koreografer top Indonesia, Denny Malik dan Eko Supriyanto serta diiringi oleh ribuan musisi arahan Addie MS dan Ronald Steven yang memberikan penampilan yang sangat memukai.

Asian Games 2018 menjadi Asian Games terbesar sepanjang sejarah dan diyakini akan menjadi warisan atau legacy yang berharga bagi generasi penerus bangsa Indonesia. Ujar Erick Thohir selaku Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *