LOADING

Type to search

Health and Beauty

Ternyata Kunyit Punya Manfaat Untuk Kecantikan Kulit

SerpongMania October 11, 2018
Share

Serpongku.com – Info Serpong dan Sekitarnya – Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit – Kunyit dikenal sebagai salah satu tanaman rempah-rempah yang sering dipakai sebagai bumbu masak dan jamu. Biasanya, kunyit dipakai untuk memberi warna kuning pada makanan atau menguatkan rasa pada masakan jenis gulai.

Di samping itu, kunyit juga dipakai sebagai bahan baku farmasi karena mampu mengobati peradangan sendi. Tak heran dikarenakan banyak vitamin atau suplemen yang terdapat dari ekstrak kunyit. Tetapi tahukah Anda, kunyit ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan?

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit

manfaat kunyit

Mengobati Penyakit Kulit Psoriasis

Kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk menghambat enzim peradangan penyakit kulit psoriasis dengan menurunkan kadar sitokin di dalamnya. Cara menggunakannya lumayan mudah, ambil separuh sendok teh bubuk kunyit dan tambahkan air ke dalamnya. Aduk sampai menjadi pasta dan oleskan tipis ke sumber kulit yang terkena psoriasis. Tutup dengan kain kasa dan biarkan semalaman. Esok paginya, angkat kain dan bilas kulit dengan air hangat.

Mengatasi Jerawat

Kunyit mempunyai kandungan antibakteri yang bermanfaat mengobati peradangan dikarenakan timbulnya jerawat. Anda dapat menggunakan masker susu kunyit untuk mengatasinya. Caranya, campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 3 sendok makan susu, 2 sendok makan tepung dan 2 tetes madu. Aduk sampai rata dan oleskan tipis-tipis pada wajah. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas sampai bersih, sesudah itu pakai pelembap wajah kesayangan Anda.

Mencegah Munculnya Keriput

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit selanjutnya dapat mencegah keriput. Berdasarkan keterangan dari penelitian yang dilakukan di Jepang, kunyit dapat menangkal timbulnya keriput dan pembentukan melanin. Kunyit juga dapat mengatasi berkurangnya elastisitas kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UVB.

Menyamarkan Stretch Marks

Kurkumin, salah satu kandungan yang terdapat di dalam kunyit diandalkan dapat menyamarkan stretch marks. Gunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan air sampai bentuknya seperti pasta dengan tekstur kental, oleskan pada bagian pinggang dan perut sebelum mandi. Tunggu selama 20 menit lalu bilas ketika Anda mandi.

Mendinginkan luka bakar

Sifat anti-inflamasi dan antiseptik pada kunyit bermanfaat untuk meredakan luka bakar. Gunakan bubuk kunyit dan campurkan dengan minyak alami (minyak kelapa atau zaitun), lalu oleskan campuran tersebut ke bagian yang terkena luka bakar. Sifat astringen dan antioksidan kunyit menolong dalam penyembuhan luka dan meminimalisir jaringan parut pada luka bakar.

Mengatasi Pigmentasi Kulit

Pigmentasi kulit atau warna kulit yang tidak merata dapat diatasi dengan kunyit. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan jus lemon, lalu oleskan ke area kulit dan diamkan sekitar 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan di malam hari sebab setelah mengoleskan campuran ini, kita tidak diizinkan terkena sinar matahari sekitar satu jam.

Cara lainnya, Anda dapat menggunakan kunyit sebagai krim malam. Gunakan kacang almond yang telah direndam dan dikupas kulitnya lalu haluskan, satu sendok teh jus kunyit, curd, lemon, saffron dan bubuk cendana. Campur seluruh bahan dan simpan di dalam kulkas. Gunakan pada malam hari dan bilas esok paginya.

Mengatasi Ketombe

Tak melulu untuk wajah saja, kunyit juga bermanfaat untuk menanggulangi ketombe pada rambut. Campurkan bubuk kunyit dan minyak zaitun, oleskan pada rambut dan diamkan sekitar 20 menit. Bilas sampai bersih, lalu Anda dapat menggunakan sampo seperti biasa.

 

Ternyata kunyit punya banyak sekali manfaat ya, tidak hanya sebagai bumbu dapur tapi ternyata Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit juga dapat diandalkan

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *