LOADING

Type to search

Food and Beverages

Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Disimpan di Dalam Freezer

SerpongMania October 23, 2018
Share

Serpongku.com – Info Serpong dan Sekitarnya – Menyimpan makanan di dalam freezer selalu menjadi opsi yang sangat praktis guna memperpanjang masa simpannya. Terlebih makanan yang rentan rusak atau cepat busuk seperti daging, es krim, hingga beragam produk makanan instan.

Freezer yang mempunyai suhu di bawah minus derajat Celcius diandalkan dapat membunuh bakteri dan kuman sehingga makanan tetap sehat meski disimpan dalam waktu lama. Di samping itu, makanan juga terasa segar lebih lama.

Meski bermanfaat untuk menjaga kesegaran makanan, ternyata terdapat juga sejumlah jenis makanan yang kurang sesuai jika disimpan di dalam freezer sebab dapat mengubah rasa maupun teksturnya. Dilansir Reader’s Digest, berikut 7 makanan yang tidak cocok disimpan di freezer.

Makanan Yang Tidak Cocok Disimpan Di Freezer

Susu

susu putih

Photo Source: freepik.com

Susu, khususnya ASI adalah salah satu minuman yang sering disimpan di dalam freezer supaya tetap segar dan tidak gampang terkontaminasi oleh bakteri maupun kuman berbahaya. Namun, usahakan tidak menyimpan susu ke dalam freezer bila kamu hendak mengolahnya dengan kue atau campuran kopi.

Meski tak menimbulkan akibat yang berbahaya, saat disimpan di dalam freezer, tekstur asli susu akan rusak dan mengurangi rasa creamy-nya. Di samping itu, lapisan lemak susu bisa terpisah dengan kandungan air di dalamnya bila disimpan terlalu lama.

Makanan yang Digoreng

gorengan

Photo Source: freepik.com

Punya sisa makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, atau nugget dan hendak menyimpannya? Sebaiknya jangan simpan di dalam freezer bila tak mau makananmu menjadi basah.

Suhu dingin di dalam freezer akan memunculkan bercak-bercak bunga es yang bakal mencair kembali saat disimpan di suhu ruang. Cairan ini akan membuat makanan terasa basah dan lembek sehingga tidak cukup lezat ketika disajikan kembali.

Telur Utuh

telur utuh

Photo Source: freepik.com

Bukannya awet, menyimpan telur di dalam freezer ternyata dapat merusak kualitasnya. Saat disimpan di dalam suhu yang paling rendah, putih telur di dalamnya bakal ikut membeku dan mengembang sehingga dapat menyebabkan cangkang telur retak.

Retakan itu akan menjadi jalan masuknya bakteri ke dalam telur yang bisa beresiko bila disantap. Di samping menurunkan kualitas telur dari sisi kesehatan, hal ini akan membuat telur gampang membusuk.

Cream Cheese

cream keju

Photo Source: vahrehvah.com

Berbeda dari jenis keju biasa seperti cheddar, edam, atau parmesan, cream cheese adalah jenis keju yang harus disimpan dengan hati-hati sebab teksturnya yang lunak. Sama seperti susu, cream cheese atau dikenal pula dengan sebutan krim keju ini paling sensitif terhadap suhu rendah sebab dapat membuat teksturnya rusak dan mengeras.

Suhu rendah pun akan memunculkan titik-titik air di permukaan keju yang bakal menurunkan kualitasnya sampai tak dapat diolah kembali menjadi campuran kue. Ini pun berlaku untuk keju bertekstur lunak lainnya seperti camembert, brie, mozzarella, atau ricotta.

Buah dan Sayur Berair

apel

Photo Source: freepik.com

Sebaiknya jangan menyimpan buah dan sayur berair seperti timun, apel, atau seledri di dalam freezer bila tak mau teksturnya menjadi rusak. Hal ini karena buah atau sayur itu berisi air dalam jumlah cukup banyak yang dapat membeku bila disimpan di ruangan bersuhu rendah. Saat mencair, kandungan air di dalamnya akan membuat tekstur buah dan sayur jauh lebih lembek dan berair.

Daging Matang

daging mentah

Photo Source: freepik.com

Daging adalah bahan makanan yang kerap disimpan di dalam freezer supaya awet dan tetap segar. Namun untuk daging yang sudah dimasak, usahakan tidak menyimpannya di dalam freezer karena dapat menyebabkan bahan makanan lain yang sedang di dalam freezer rusak.

Daging matang seringkali telah melewati banyak macam proses pengolahan yang rentan terkontaminasi bakteri. Bila dimasukkan ke dalam freezer, bakteri yang tertempel di permukaan daging bias berpindah tempat dan merusak makanan lain yang terdapat di dekatnya.

Yoghurt

yogurt

Photo Source: freepik.com

Layaknya es krim, banyak orang sering menyimpan yoghurt ke dalam freezer supaya teksturnya tetap lembut dan creamy. Namun sebaliknya, suhu dingin di dalam freezer ternyata dapat mengakibatkan teksturnya berubah lebih kasar dan lebih keras. Di samping itu, kandungan air di dalam yoghurt yang ikut membeku saat disimpan di dalam freezer juga dapat menghilangkan rasa creamy nan lembut yang dihasilkan oleh yoghurt.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *