LOADING

Type to search

Food and Beverages News

Kuliner khas Kalimantan Ini Dapat Dijumpai Di Festival Kuliner Serpong

SerpongMania August 16, 2018
Share

Serpongku.com – Info Serpong dan Sekitarnya – Festival kuliner tahunan Summarecon Mal Serpong yaitu FKS 2018 telah dibuka hari ini. Pada tahun-tahun sebelumnya Festival Kuliner Serpong mengajak para pengunjung untuk berwisata kuliner ke Bali, Sumatera Barat, Jawa, Sulawesi, Sumatera Utara, Jawa Timur, hingga Jawa Barat, tahun ini, Festival Kuliner Serpong 2018 mengangkat tema “Pesona Bumi Borneo”.

Tidak hanya menghadirkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kalimantan saja, tetapi juga menghadirkan berbagai menu autentik khas Kalimantan diantaranya ada Bubur Ikan Aweng, Sate Kuah Pontianak, Bubur Pedas Sambas, Rujak Idola Singkawang, Soto Banjar, hingga Sate Tulang Borneo.

Terdengar tidak familiar ? tenang saja, Serpongku.com sudah menyiapkan ulasan singkat untuk kalian, Yuk kenal lebih jauh dengan kuliner Kalimantan dibawah ini!

Sate Kuah Pontianak

Sate kuah ? Ya kalian tidak salah mendengar loh. Sate khas Pontianak ini menggunakan tambahan kuah gulai sebagai saus pelengkapnya. Kuah kaldu tersebut terbuat dari beragam rempah rempah seperti ketumbar, merica, kunyit, kapulaga, pekak, jintan, dan bunga lawang. Untuk dagingnya biasanya menggunakan daging sapi atau kambing yang telah dibumbui sebelumnya agar menyerap dengan sempurna.

Bubur Pedas Sambas

Jika sekilas mendengar dari namanya, kalian akan membayangkan jika sajian bubur pedas sambas bisa membakar lidah kalian dengan cabai melimpah. Namun pada kenyataannya cita rasa pedas di bubur ini berasal dari lada bumbu beras yang telah disangrai.

Bumbu pada bubur pedas ini terbuat dari beras yang disangrai dengan lada hitam dan kelapa parut, kemudian dicampur dengan berbagai sayuran yang terdiri dari sayur kangkung, wortel, sawi kol, kecambah, hingga daun pakis. Penyajiannya sendiri pada umumnya dilengkapi dengan ikan teri, bawang, dan kacang tanah goreng yang membuat lidah bergoyang.

Rujak Singkawang

Makanan yang satu ini merupakan primadona dari masyarakat Singkawang. Yang membuat istimewa dalam sajian rujak legendaris Singkawang terletak pada saus rujak yang dicampur dengan ebi serta kacang tanah nan melimpah. Lebih lezat lagi, dengan ditambahkan nya taburan emping.

Rujak Singkawang sendiri terdiri dari beberapa variasi, mulai dari rujak mangga, rujak buah, hingga rujak pecel.

Soto Banjar

Hidangan Kalimantan Selatan yang satu ini juga hadir di FKS 2018. Uniknya, soto ini cukup berbeda dengan yang lainnya, kuah pada soto Banjar disajikan menggunakan campuran susu murni dan dikombinasikan dengan aneka rempah, membuat rasanya menjadi semakin gurih dan lezat.

Dalam satu porsi Soto Banjar berisikan ayam kampung, telur bebek, bihun, lontong dan wortel. Berbagai  menu pendamping seperti sate ayam, emping, kerupuk juga dapat dijadikan pilihan untuk menemani saat menyantap Soto Banjar.

Sate Tulang Borneo

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui kuliner sate khas Banjar yang satu ini. Sate Tulang itu terdiri dari bagian dada dan sayap yang telah dipotong-potong, lalu dimasak bersama dengan tulangnya. Sate tersebut kemudian dilumuri dengan bumbu merah yang cukup pedas.

Tulang pada sajian sate ini justru memberikan kenikmatan tersendiri, saat kalian menghisap bumbu merah yang menempel pada tulang tersebut menghasilkan rasa pedas yang bikin merem merek.

Bubur Ikan

Hidangan bubur ini berasal dari Pontianak, hidangan bubur ikan ini merupakan campuran dari bubur nasi, sayuran segar, potongan daging ikan, dan telur. Kombinasi lembutnya daging ikan dan kaldu yang gurih menjadikannya perpaduan yang sangat cocok untuk disantap saat sore ataupun malam hari.

 

Dari Kuliner khas Kalimantan Ini Dapat Dijumpai Di Festival Kuliner Serpong diatas, mana yang ingin kalian coba saat berada di FKS 2018?

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *