LOADING

Type to search

Health and Beauty

Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh Kita

SerpongMania November 21, 2018
Share

Khasiat lidah buaya telah di kenal sejak dahulu kala. Secara historis, tanaman yang dikenal juga dengan nama aloe vera ini dianggap dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan efektif sebagai obat pencahar.

Seiring perkembangan zaman, lidah buaya makin dipercaya sebagai obat tradisional yang bisa menangani sejumlah kondisi.

khasiat lidah buaya untuk kesehatan, manfaat lidah buaya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan, perawatan alami lidah buaya, masker lidah buayaManfaat Gel dan Lateks Lidah Buaya

Bagian-bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada dibawah lapisan kulit lidah buaya.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jel ini sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, losion, krim dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering seperti suplemen.

Selain diproduksi menjadi obat-obatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam bentuk alami. Para wanita bisa menjadikan lidah buaya sebagai teman baik dalam merawat kesehatan rambut dan kulit. lidah buaya dipercaya dapat membuat rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus.

Khasiat Lidah Buaya

khasiat lidah buaya untuk kesehatan, manfaat lidah buaya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan, perawatan alami lidah buaya, masker lidah buayaPembersih Make-up alami

Buat Anda yang memiliki kulit sensitif, lidah buaya dapat dijadikan alternatif untuk pembersih make up. Hal ini dikarenakan lidah buaya terbilang ramah dan lembut di kulit.

Konstipasi

Lateks lidah buaya mengandung bahan kimia yang efektif sebagai obat pencahar. Namun, penggunaannya juga bisa menyebabkan efek samping diare.

Mengatasi Kulit Terbakar Dari Sinar Matahari

Losion atau pelembap yang mengandung lidah buaya mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari, serta mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet berlebih, sehingga kulit terasa lebih nyaman.

Psoriasis

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya sekitar 0,5 persen selama 1-2 bulan bisa meredakan psoriasis. Tapi, hasil tersebut tidak terlihat jika hanya memakai gel lidah buaya.

Gatal Dan Ruam Pada Mulut Dan Kulit

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya selama tiga kali sehari selama 3 bulan, bisa membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hal yang sama berlaku jika mengaplikasikan gel mengandung lidah buaya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan pada kulit.

khasiat lidah buaya untuk kesehatan, manfaat lidah buaya untuk kecantikan, manfaat lidah buaya untuk kesehatan, perawatan alami lidah buaya, masker lidah buayaCold Sore Atau Luka Pada Bibir Akibat Virus Herpes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan krim dengan ekstrak lidah buaya 0,5 persen selama tiga kali sehari, bisa mempercepat proses penyembuhan luka akibat virus herpes simpleks. Hal ini dikarenakan, lidah buaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus herpes.

Khasiat LainnyaPlak gigi, Ketombe, Kulit kering, Obat nyamuk, Penyembuhan luka seperti luka bakar, Radang gusi, Ruam popok, Luka akibat berbaring terlalu lama di tempat tidur, Radang dingin, Peradangan di mulut.

Waspadai Efek Samping Lidah Buaya

Penggunaan gel lidah buaya pada kulit sepertinya aman. Meski demikian, sesekali gel lidah buaya bisa membuat kulit menjadi terbakar dan gatal-gatal.

Tidak sama dengan gel, mengkonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram. Tidak hanya itu, jika dalam jangka panjang dapat menyebabkan diare, penurunan berat badan, maslaah ginjal, kelemahan otot, darah dalam urine dan gangguan jantung.

Penting untuk bersikap hati-hati sebelum mengaplikasikan atau mengkonsumsi bahan-bahan alami, termasuk lidah buaya. Selain itu juga utamakan mengkonsumsi produk herbal yang dijual dipasar dengan standar BPOM RI. Cari tau informasi sebanyak-banyaknya atau konsultasi dengan dokter ahli.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *