LOADING

Type to search

Hobby

Cara Melakukan Food Preparation untuk Pemula

serpongers September 13, 2021
Share

Food preparation untuk pemula merupakan sebuah panduan simpel untuk yang mau belajar memasak atau yang mau berhemat bahan masakan. Food preparation ini juga bisa digunakan sebagai panduan membuat agenda menu sehat untuk keluarga agar lebih cepat. Saat ini food preparation memang sedang menjadi tren. Namun, ada baiknya Anda mengetahui betul bagaimana cara melakukanya. Dan apakah  food preparation sesuai untuk Anda? 

Sederhananya, materi food preparation adalah mempersiapkan bahan makanan yang akan Anda masak dalam kurun waktu ke depan. Umumnya dipersiapkan untuk satu minggu selanjutnya. Tidak sedikit juga yang mengartikan food preparation sebagai cara mempersiapkan makanan secara sekaligus, kemudian dibagi dalam kotak penyimpan makanan dalam jumlah yang kecil. Setelah itu, makanan tersebut disimpan serta diambil satu demi satu.

Tujuan Food Preparation yang Pendatang Baru Wajib Tahu

Berikut merupakan tujuan food preparation dilakukan, yaitu untuk:

  • Lebih Hemat

Memakai cara food preparation tepatnya akan membuat lebih hemat dari sisi biaya serta waktu, karena sudah jelas takaran masakannya dan tidak akan membeli bahan masakan yang berlebihan. Atau Anda bisa memaksimalkan semua bahan masakan yang dimiliki agar semuanya bisa diolah.

  • Lebih Terencana

Akan lebih mudah jika Anda membuat agenda menu apa saja yang akan dimasak sebelum membeli bahan makanan. Waktu masak menjadi lebih singkat, sehingga Anda bisa menggunakan waktu untuk kegiatan lain seperti bekerja atau mengurus anak dan rumah. 

Anda juga akan tergerak untuk membuat agenda makanan yang lebih sehat. Tak hanya itu, food preparation juga sejalan dengan Zero waste Lifestyle. Sebab, food preparation akan membuat Anda menghindari perilaku membuang makanan secara percuma.

Mengapa Wajib Food Preparation

Alasan Anda harus melakukan food preparation yaitu agar Anda bisa menata serta mengatur bahan makanan sehingga tidak mubazir. Bahasa kerennya yaitu “manajemen bahan makanan”. Paling tidak Anda akan lebih mudah mencari bahan makanan yang akan Anda olah. Prose memasak juga akan lebih cepat. Selain itu, bahan makanan juga akan  tahan lebih tahan lama karena disimpan dengan cara yang benar.

Food preparation saat ini tengah jadi tren di masyarakat. Tata cara mempersiapkan bahan baku mentah menjadi bahan siap masak ini dinilai mempermudah proses memasak dalam periode tertentu. Tidak hanya itu, food preparation juga cenderung bisa membuat Anda lebih mengirit pengeluaran belanja mingguan. Maka dari itu, melakukan food preparation  sangat disarankan.

Cara Melakukan Food Preparation yang Benar untuk Pemula Selama Seminggu

Berikut ini ada beberapa cara food preparation yang bisa Anda lakukan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membuat food preparation, yaitu:

  1. Tentukan Makanan yang Akan Dimasak Selama Seminggu ke Depan

Langkah awal yang Anda lakukan yaitu menyusun meal plan atau catatan menu yang akan dimasak. Jika masih bingung, Anda bisa melihat rujukan resep di internet untuk memilih resep masakan yang akan Anda masak selama satu minggu. Pastikan menu-menu tersebut bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dan keluarga setiap hari.

Siapkan seluruh bahan serta perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan food preparation. Seluruh perlengkapan serta bahan harus Anda siapkan lebih dahulu. Sebagian perlengkapan yang diperlukan yakni pisau, talenan, lap bersih, mangkuk, serta wadah penyimpanan. Tidak wajib mahal, wadahnya boleh gunakan tempat sisa makanan yang pernah Anda beli sebelumnya.

  1. Pisahkan Bahan Makanan Berdasarkan Jenisnya

Hindari menyimpan banyak bahan makanan dalam satu wadah. Karena, hal tersebut bisa membuat bahan makanan terkontaminasi. Pisahkan bahan-bahan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, ikan, ayam, serta daging ditempatkan pada wadah masing-masing. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memisahkan antara sayur yang berwarna hijau dengan sayur yang memiliki tekstur keras, semacam kentang serta wortel dan lainnya.

  1. Kategorikan Bahan Makanan Sesuai Olahannya

Bahan-bahan untuk sayur sup, sayur asem, serta sayur lodeh bisa disimpan dalam satu wadah. Menaruh bahan masakan dalam satu set wadah bisa mempermudah Anda saat akan memasak. Tetapi, apabila telah disatukan dalam wadah yang sama, pastikan Anda memasak keesokan harinya supaya keadaan bahan makanan masih fresh.

  1. Olah Bumbu Dasar Untuk Mempersingkat Waktu Memasak

Dibandingkan menghaluskan bumbu tiap kali akan memasak, Anda dapat membuat bumbu dasar untuk mempersingkat waktu. Bumbu dasar merah, putih, serta kuning menjadi 3 bumbu dasar yang hendaknya Anda miliki. Dengan bumbu dasar ini, Anda tidak perlu repot lagi membuat bumbu dari awal setiap ingin memasak.

  1. Simpan di Kulkas dengan Cara yang Tepat

Supaya nutrisi serta rasa pada bahan makanan senantiasa terpelihara, Anda wajib menyimpannya dengan benar. Tidak hanya menyimpan di wadah kedap udara, seluruh bahan masakan wajib disimpan di kulkas supaya tidak cepat busuk. Anda bisa menggunakan kulkas 2 pintu supaya bisa menyimpan lebih banyak bahan makanan dengan tersedianya banyak ruang penyimpanan. 

Itu dia beberapa cara food preparation yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sedang mencari tempat penyimpanan yang lumayan besar berupa kulkas 2 pintu, maka Anda bisa mendapatkannya di Blibli. Karena, Blibli adalah marketplace yang sudah bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan dan mitra dagang dengan standar tertentu untuk menghasilkan sistem back-end sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Banyak barang yang bisa Anda temukan di Blibli termasuk juga barang untuk Anda yang mau menyiapkan food preparation. Anda tidak perlu khawatir karena semua barang yang dijual di marketplace ini terbukti memiliki kualitas yang terbaik. Banyak para pelanggan yang puas berbelanja di Blibli.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *