LOADING

Type to search

Health and Beauty

7 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berpuasa

serpongers April 1, 2021
Share

Serpongku.com – 7 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berpuasa – Di bulan puasa siklus tidur kita yang biasanya normal akan berubah selama satu bulan. Hal itu lantaran kita harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur akan berkurang sekitar 40 menit lamanya.

Hal tersebut pada akhirnya akan berdampak pada kondisi tubuh keesokan harinya. Sebab jumlah durasi tidur pulas atau REM (rapid eye movement) akan berkurang.

Selain itu saat puasa juga tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama berjam-jam. Maka akan membuat lemas dan mengantuk.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah.

Tidur Cukup

Cegah rasa kantuk saat berpuasa dengan memastikan istirahat yang cukup setiap hari. Jadi, usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya agar tidak kurang tidur. Agar tidur berkualitas, buatlah ruangan senyaman mungkin. Misalnya memasang kipas angin atau AC agar ruangan cukup sejuk dan mematikan lampu kamar.

Jalan Kaki

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energi selama dua jam berikutnya. Pasalnya, jalanan mampu memompa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa kantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan oksigen.

Tidur Siang Sejenak

Jika sudah merasa mengantuk lagi, Anda bisa mencuri beberapa saat untuk tidur siang. Namun, jangan terlalu lama tidur siang. Anda bahkan mungkin menjadi lebih lemah karena jam biologis tubuh Anda terganggu. Menurut dokter spesialis penyakit dalam dan ahli gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, setel alarm hanya 5-25 menit untuk tidur siang.

7 Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berpuasa

Alihkan Pandangan Ketika Mengantuk

Jika seharian menghadapi layar komputer, mata akan terasa lelah, sehingga mata cepat mengantuk. Untuk itu, coba ubah suasana saat kantuk melanda. Alihkan pandangan dari layar selama 20 detik. Ulangi setiap 20 menit. Ini akan membuat mata lebih rileks dan segar.

Ngobrol

Jika sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan kerja untuk ngobrol sejenak untuk mengatasi rasa kantuk saat berpuasa. Chatting akan meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan untuk berkonsentrasi. Agar efeknya terasa, dr. Barry Krakow menyarankan untuk membicarakan topik yang “sulit”, bukan hanya basa-basi.

Berada Di Tempat yang Terang

Rasa kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata. Saat cahaya redup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk istirahat sehingga kita menjadi mengantuk. Untuk itu, nyalakan lampu ruangan atau cari sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan.

Tarik Napas Dalam-Dalam

Menarik napas dalam-dalam akan meningkatkan kadar oksigen di otak. Ini dapat membantu meningkatkan energi dan memicu aktivitas otak. Duduk atau berdiri tegak dengan satu tangan menempel di perut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda. Saat Anda menarik napas, pastikan perut Anda mengembang dan “terisi” dengan udara. Buang napas perlahan melalui mulut. Ulangi ini beberapa kali sampai pikiran terasa lebih segar.

Itulah 7 cara mengatasi rasa kantuk saat berpuasa.
Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *