LOADING

Type to search

Hobby

6 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang

serpongers March 16, 2021
Share

Serpongku.com – Cara Mudah Merawat Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang saat ini sangat digemari. Banyak kolektor ikan yang mulai ramai-ramai mengoleksi ikan yang habitatnya di air tawar ini. Hal itu lantaran warna serta bentuknya yang anggun dan mempesona.

Nah, bagi anda yang berencana untuk memlihara ikan cupang, berikut serpongku.com akan mengulas cara perawatan ikan cupang yang mudah, sehingga ikan cupang anda nantinya akan berumur panjang.

Gunakan Aquarium Kecil

Bagi Anda yang ingin merawat ikan cupang harus menyiapkan wadah yang tepat. Anda bisa menggunakan akuarium ukuran apa saja, tetapi disarankan menggunakan akuarium kecil.

Akuarium berukuran kecil akan memudahkan kita untuk melakukan pembersihan secara rutin. Ukuran standar diameter akuarium yang bisa digunakan adalah kurang lebih 20x15x15 cm. Namun ada juga yang menggunakan ukuran akuarium 30x15x20 cm.

Gunakan Air Bersih

Anda bisa menggunakan air bersih dari sumur atau PAM yang sudah mengendap, minimal semalam. Ini bertujuan untuk menetralkan air dari berbagai bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, selalu hindari penggunaan chloramine dan chlorine dalam air akuarium karena penggunaan kedua bahan kimia tersebut dapat mengancam nyawa ikan cupang.

Rutin Membersihkan Aquarium

Hal ini berkaitan erat dengan hal pertama, dimana penggunaan aquarium merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, rasa malas bisa muncul bila wadah yang digunakan terlalu besar. Itulah mengapa Anda hanya perlu menggunakan wadah yang digunakan sebagai akuarium dengan ukuran yang kecil.

Pasalnya, akuarium kecil akan memudahkan Anda mengganti air dengan cepat. Air yang digunakan dalam akuarium ikan cupang haruslah air yang selalu dijaga kebersihannya. Air yang digunakan untuk ikan cupang perlu diganti minimal 2-3 hari sekali.

6 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang

Beri Daun Ketapang sebagai Antibiotik Alami

Daun ketapang akan sangat bermanfaat sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk ekor ikan cupang yang robek atau patah. Daun ketapang juga bisa membuat pH air di akuarium menjadi normal.

Umumnya air akuarium atau wadah yang diberi daun ketapang akan menguning. Sedangkan jenis daun ketapang yang baik untuk ikan cupang biasanya berasal dari daerah pantai.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada pada kulit dan wadah ikan cupang. Kegiatan mengeringkan ini juga bisa membuat ikan cupang Anda lebih segar dan terhindar dari stres.

Waktu pengeringan ikan cupang yang baik adalah pada jam 8 sampai jam 10 pagi, selama kurang lebih 30 menit. Namun, jika ternyata ikan cupang Anda sedang panik saat menjemur, ada baiknya segera memindahkannya ke lokasi yang lebih teduh agar ikan terasa nyaman. Sedangkan untuk kegiatan menjemur cukup dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Menjaga Asupan Nutrisi

Hal ini penting dilakukan, karena akan sangat baik untuk merangsang pertumbuhan ikan cupang. Makanan yang bergizi akan berdampak pada pertumbuhan ekor ikan cupang yang sangat cepat memanjang.

Ada beberapa jenis pakan ikan cupang yang berkhasiat, seperti jentik nyamuk, kutu air, dan lain-lain. Untuk memberi makan cukup taburkan saja ke dalam akuarium. Biasanya ikan cupang lebih suka memakan makanan yang terapung di permukaan air.

Itulah 6 tips mudah merawat ikan cupang kesayangan anda.
Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *