LOADING

Type to search

Education

6 Cara Kreatif Mengajak Anak untuk Belajar Berpuasa

serpongers April 7, 2021
Share

Serpongku.com – 6 Cara Kreatif Mengajak Anak untuk Belajar Berpuasa – Mengajari anak berpuasa sebaiknya dilakukan sejak dini, sehingga ketika kelak ia dewasa nanti, ia sudah mampu menjalankan ibadah ini dengan baik.

Namun yang perlu orang tua ketahui, mengajak anak untuk berpuasa di bulan ramadhan tidaklah mudah. Orang tua dituntut harus ekstra sabar dalam melatih dan memberi petunjuk hingga si buah hati bisa memahaminya.

Nah, bagi orang tua yang merencanakan mengajak sang anak untuk belajar berpuasa di momen ramadhan kali ini bisa membaca artikel ini hingga usai untuk dapat mengetahui tips-tips kreatif  bagaimana menuntun anak berpuasa.

Latih Berpuasa Setengah Hari Dulu

Bagi si kecil yang berusia di bawah lima tahun, menahan rasa lapar dan haus sepanjang hari mungkin terasa sangat berat. Selain itu, Anda juga perlu mengingat bahwa si kecil masih dalam masa tumbuh kembang sehingga ia membutuhkan banyak nutrisi. Jadi, sebaiknya jangan memaksa si kecil untuk berpuasa seharian penuh setiap hari, karena si kecil bisa jadi malah jatuh sakit. Ajari si kecil berpuasa bertahap, dimulai dari berpuasa beberapa jam sehari, kemudian ditingkatkan menjadi setengah hari.

Latih Menghindari Makanan Tertentu

Selain melatih anak berpuasa bertahap, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melatih anak berpuasa hanya dari makanan tertentu. Misalnya jika anak terbiasa makan makanan tertentu atau mempunyai makanan favorit seperti coklat atau chicken nugget, mintalah anak untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa. Dengan cara ini, secara tidak langsung Anda bisa mengubah pola makan tidak sehat anak. Anak-anak juga bisa belajar menghargai makanan.

6 Cara Kreatif Mengajak Anak untuk Belajar Berpuasa

Beri Teladan bagi Anak

Anak-anak yang masih balita biasanya masih dalam fase meniru dan berusaha melakukan apapun yang dilihatnya, terutama yang dilakukan oleh orang tuanya. Nah, orang tua bisa membuat si kecil tertarik berpuasa dengan memberinya contoh yang baik. Misalnya shalat lima waktu, puasa teratur, berbuka puasa, hingga bangun pagi untuk makan sahur. Saat anak penasaran dengan kegiatan yang Anda lakukan, Anda bisa mulai menjelaskan arti puasa kepada si kecil secara perlahan.

Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Positif Saat Ngabuburit

Agar si kecil tidak merasa berat menjalani hari-hari puasa, ajak si kecil untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama. Misalnya mengajak si kecil membaca buku, menonton film, memainkan game favoritnya, dan lain sebagainya. Namun hindari mengajak anak bermain di luar saat cuaca panas atau melakukan aktivitas yang bisa membuat mereka haus dan lelah. Jadikan puasa sebagai kegiatan yang menyenangkan dan spesial untuk si kecil agar anak semangat berpuasa.

Siapkan Makanan Kesukannya untuk Berbuka Puasa

Mendorong anak agar semangat berpuasa tidak harus dengan memberikan hadiah, tetapi Anda bisa memasak makanan kesukaan si kecil atau membeli takjil kesukaannya untuk berbuka puasa nanti. Dijamin, Si Kecil pasti termotivasi untuk menjalankan puasanya dengan baik.

Beri Pujian untuk Usahanya

Meskipun anak Anda mungkin hanya dapat berpuasa beberapa jam atau hanya beberapa hari, Anda tetap harus memberikan pujian untuk menghargai usahanya. Anda juga bisa memberikan kata-kata penyemangat agar si kecil bisa termotivasi untuk menjalankan puasanya dengan lebih baik lagi.

Itulah 6 cara kreatif mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin.
Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *