LOADING

Type to search

Food and Beverages

4 Minuman Khas Banten yang Cocok untuk Buka Puasa

serpongers April 16, 2021
Share

Serpongku.com – 4 Minuman Khas Banten yang Cocok untuk Buka Puasa – Setelah menahan rasa lapar dan haus selama satu hari penuh, memang paling sedap menikmati minuman segar saat berbuka puasa. Mulai dari es teh hingga aneka es buah yang memanjakkan tenggorokan.

Jika kalian sudah bosan dengan jenis minuman yang itu-itu saja, serpongku.com kali ini akan mengulas 4 minuman segar asli dari Banten yang bisa anda masukan dalam daftar menu buka puasa harian anda.

Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Es Sekemu

Es Sekemu adalah salah satu minuman terpopuler yang benar-benar unik dari Banten. Es instan menjadi minuman menyegarkan yang bisa Anda nikmati untuk berbuka puasa.

Es sekemu ini memiliki komposisi yang terdiri dari kelapa muda dan buah sawo. Perpaduan antara daging kelapa dan sawo memberikan rasa yang unik saat disantap.

Di Banten sendiri, kelapa muda merupakan buah yang bisa dengan mudah Anda temukan di daerah pesisir Banten. Berbeda dengan buah sawo, sebenarnya buah ini merupakan buah yang dibudidayakan di daerah Pandeglang dan Lebak.

Selain mengandung kelapa muda dan sawo, untuk membuat esnya manis ditambahkan juga sirup gula. Aroma es yang harum bisa didapat dari tambahan daun pandan di dalamnya.

 

4 Minuman Khas Banten yang Cocok untuk Buka Puasa

 

Sirup Rosella Fresh

Sirup Rosella Segar merupakan salah satu minuman khas Banten yang wajib banget kamu coba. Sirup rosella segar menjadi salah satu minuman favorit saat sedang panas yang juga cocok untuk menjadi menu buka puasa.

Anda bisa mencampurkan Sirup Rosella dengan air dan menaruh beberapa balok es di dalamnya. Saat meminum sirup ini, Anda akan merasakan sensasi manis yang sangat menyegarkan setelah seharian berpuasa.

Berbeda dengan sirup lainnya, sirup rosella segar ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Sirup rosella ternyata bisa membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh kita. Bagi Anda yang memiliki masalah darah kental, Anda juga bisa mengonsumsi sirup ini untuk membantu mengurangi penggumpalan darah.

Es Kuwut

Es kuwut merupakan salah satu minuman khas Banten yang sangat cocok dinikmati untuk berbuka. Es kuwut ini menjadi salah satu minuman rekomendasi yang wajib kamu coba setelah seharian menjalani puasa.

Es kuwut ini terdiri dari berbagai buah-buahan yang disajikan dalam satu wadah. Komposisi es kuwut terdiri dari parutan kelapa muda, potongan melon, biji selasih dan irisan jeruk nipis.

Dari bahan yang digunakan, bisa dibayangkan betapa segarnya es kuwut ini saat masuk ke tenggorokan.

4 Minuman Khas Banten yang Cocok untuk Buka Puasa

Bir Pletok Bang Pletok

Anda mungkin mengira minuman yang satu ini adalah minuman yang memabukkan. Tenang saja, justru sebaliknya Bir Pletok ini tidak memiliki kandungan alkohol sedikitpun di dalamnya. Bir Pletok sebenarnya dibuat dari berbagai macam bumbu tradisional dan kayu secang.

Bir Pletok ini memiliki warna merah yang menarik saat dituang ke dalam gelas. Warna ini sebenarnya berasal dari kayu secang segar yang digunakan sebagai bahan pembuatan bir.

Bahan utama bir Pletok adalah jahe, sehingga akan terasa hangat saat diminum. Selain jahe, ada bahan lain seperti kapulaga, serai, kayu manis, dan gula.

Itulah 4 minuman khas Banten yang cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa.
Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *