LOADING

Type to search

Education

4 Hal yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar

serpongers April 14, 2021
Share

Serpongku.com – 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar – Puasa merupakan hal wajib yang dijalankan oleh umat Islam. Selain perintah agama, berpuasa juga ternyata memberi manfaat positif untuk kesehatan manusia, loh. Mulai dari mencegah darah tinggi hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun tanpa disadari, banyak orang melakukan kebiasaan buruk terutama saat sahur yang akhirnya mengurangi manfaat tersebut. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang sering diperbuat orang saat sahur? Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Tidak Sahur

Sahur sangat penting untuk menjaga nutrisi dan stamina selama berpuasa sepanjang hari. Melewatkan sahur berarti membiarkan tubuh kita menjadi lemas dan tak bertenaga, apalagi jika keesokan harinya anda diperhadapkan dengan jadwal yang padat.

Orang yang tidak fokus bekerja dan mudah lelah sering dijumpai pada orang yang melewatkan waktu sahur dan memilih tidur saat sahur.

Menu Sahur Berlemak

Pastikan menu sahur mengandung lima nutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Untuk lemak, porsi yang disarankan adalah 20-30 persen dari satu porsi makanan sahur.

Pilih menu karbohidrat kompleks, yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara perlahan tapi bertahan lama, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Menu yang bisa Anda pilih, misalnya nasi merah dan gandum. Selain itu, perbanyak porsi sayur dan buah yang banyak mengandung serat.

Malas makan buah dan sayur bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayur dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, sehingga membuatnya kuat melawan penyakit terutama infeksi.

4 Hal yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Lancar

Tidur Setelah Sahur

Rasa kantuk yang tak tertahankan usai sahur biasanya membuat orang tertidur setelah sahur dan sholat subuh. Sayangnya, kebiasaan berpuasa ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan masalah pada saluran cerna bagian atas.

Usai sahur, sebaiknya jangan tidur. Tunggu 2-3 jam setelah makan agar makanan yang Anda makan bisa dicerna oleh tubuh Anda.

Minum Air Berlebihan

Biasanya, karena tidak ingin haus saat berpuasa, orang akan minum sepuasnya saat sahur. Anda membutuhkan cairan tubuh saat berpuasa agar tidak mengalami dehidrasi. Namun, minum terlalu banyak saat subuh justru bisa memperburuk kesehatan.

Jika Anda minum terlalu banyak saat fajar, Anda akan sering buang air kecil sesudahnya. Kebiasaan buruk saat berpuasa ini justru akan membuat Anda cepat haus. Anda disarankan untuk minum banyak air antara berbuka puasa dan subuh.

Itulah 4 hal yang harus dihindari saat sahur, agar puasa bisa lancar hingga magrib.
Semoga bermanfaat.

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *